1.
Direct Advertising
Pengertian :
Direct Adv
Di mana pemasang iklan dan pemilik
media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan
atau inisiatif promosi lainnya
Kelebihan :
Untuk para pemasang bisa berhubungan langsung dengan para
pemilik media tersebut sehingga bisa lebih memudahkan untuk menentukan apa
keinginan para pemasang iklan di media online.
Kekurangan :
· Image
factors: Terkadang media yang digunakan pada direct marketing tidak
mencerminkan image dari perusahaan yang beriklan.
· Accuracy:
Tingkat ketepatan daftar yang digunakan untuk menunjuk target market yang
dituju terkadang terlalu rendah, karena daftar yang digunakan tidak sesuai
dengan target market yang disasar oleh perusahaan.
· Content
support: Isi yang dimuat di media yang digunakan untuk beriklan belum tentu
sesuai dengan isi yang ingin kita disampaikan.
· Rising
costs: Semakin lama harga-harga untuk iklan yang menggunakan media direct
mail makin mahal, sehingga banyak yang beralih menggunakan media
internet.
2. Self-service Advertising
Bentuk iklan ini yaitu dimana materi iklan, penempatan
iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui
metode proses yang dilakukan sendiri di Online.
- Kelebihan adalah dengan menggunakan bentuk iklan Self-service Advertising pemasang iklan dapat menjelaskan produk melalui blog yang dimiliki, dengan disertai gambar produk atau jasa yang dipromosikan gunanya untuk lebih mempermudah mendapatkan informasi dari produk tersebut.
- Kekurangan adalah tidak bisa menentukan atau memprediksi pasar, karena dilakukan secara mandiri oleh perusahaan di dalam sebuah blog dan sebagainya.
Adalah Sebuah jaringan (network) iklan yang
menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web.
Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak
mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang
melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin.
Kelebihan :
Biaya untuk memasang iklan ini tidak terlalu mahal,
karena pemasang iklab tersebut tinggal menempatkan iklan diposisi yang sudah
ditentukan oleh pemilik web.
Kekurangan :
Tidak banyak iklan yang dipasang dan tidak terlalu banyak
dikunjungi oleh para pengguna internet.
Contextual Advertising adalah Iklan yang
ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah
dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan
iklan tersebut.
Kelebihan :
Teknologi ini bisa mendeteksi iklan yang sesuai dengan
konten suatu situs atau suatu blog. Jadi, misalnya tulisan di blog anda
berbicara tentang teknologi makan dari Google Dsense yang muncul tersebut
tentang seputar teknologi.
Kekurangan :
Kita tidak bisa mencari iklan yang diinginkan, hanya
sesuai dengan apa isi dari blog atau web tersebut.
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan,
yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang
membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan
Twittad.
Kelebihan :
Twitter merupakan jejaring sosial yang banyak digunakan
para pengguna internet di setiap negara. Oleh karena itu beriklan di twitter
akan sangat menguntungkan bagi para pemasang iklan tersebut.
Kekurangan :
Twitter hanya menyediakan 140 karakte. Oleh karena itu,
para pemasang iklan ada keterbatasan kata sesuai dengan karakter yang
ditentukan.
6. In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan
kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan.
Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad.
- Kelebihan:
Link
situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna jika menggunakan kunci kata
yang tepat.
- Kekurangan:
Pangsa
pasar tidak bisa diprediksi oleh perusahaan pemasang iklan.
7. Ad Network
Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan
yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi
semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya.
Contoh: PubMatic dan YieldBuild.
Kelebihan :
Para pemasang iklan tidak perlu susah untuk memikirkan
dimana tempat iklan tersebut akan dipublikasikan, karena sistemnya secara
otomatis mengatur penempatan iklan tersebut.
Kekurangan :
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web
tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang
dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media
dan Tribal Fusion.
Kelebihan :
Memudahkan promosi iklan dan berbagai macam lainnya,
karena pihak agensi tersebut membantu bagaimana strategi-strategi yang
digunakan dalam beriklan.
Kekurangan :
Melalui berbagai pihak dan perantara akan memakan biaya
yang cukup besar.
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan
tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti
pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung
dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo
Kelebihan :
Promosi melalui bentuk iklan ini digunakan di media
sosial yang banyak digunakan oleh para pengguna internet, sehingga memudahkan
dalm segi promosi serta mengeluarkan biaya yang lebih rendah.
Kekurangan :
Para pengiklan harus mempunyai iklan yang dipasang di
website atau blog lain agar memudahkan proses promosi
Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video.
Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum,
setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan
AdSense for Video.
Kelebihan :
Isi dari iklan berbentuk audio visual, serta adanya
gerakan, sehingga membuat iklan lebih menarik untuk dilihat oleh para pengguna
online.
Kekurangan :
Pengguna online cenderung mengabaikan isi iklan karena
fokus pada konten video yang dituju
Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa
disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual
ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising.
Kelebihan :
Dapat menyesuaikan penempatan iklan melalui klasifikasi
kebutuhan yang sudah ditentukan.
Kekurangan :
Kekurangan :
Kemungkinan tidak dapat dilihat oleh semua para pengguna
internet, karena telah diklasifikasikan terlebih dahulu.
12. Sponsorship: adalah bentuk
bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi
terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak
digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk
banner.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar