Kamis, 15 Januari 2015

12 Analisis Iklan Online

1.      Direct Advertising
Pengertian :
ž  Direct Adv
            Di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya

Contoh :
  
Kelebihan :
Untuk para pemasang bisa berhubungan langsung dengan para pemilik media tersebut sehingga bisa lebih memudahkan untuk menentukan apa keinginan para pemasang iklan di media online.
Kekurangan :
·         Image factors: Terkadang media yang digunakan pada direct marketing tidak mencerminkan image dari perusahaan yang beriklan.
·         Accuracy: Tingkat ketepatan daftar yang digunakan untuk menunjuk target market yang dituju terkadang terlalu rendah, karena daftar yang digunakan tidak sesuai dengan target market yang disasar oleh perusahaan.
·         Content support: Isi yang dimuat di media yang digunakan untuk beriklan belum tentu sesuai dengan isi yang ingin kita disampaikan.
·         Rising costs: Semakin lama harga-harga untuk iklan yang menggunakan media direct mail makin mahal, sehingga banyak yang beralih menggunakan media internet.
2. Self-service Advertising
Bentuk iklan ini yaitu dimana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online.

  • Kelebihan adalah dengan menggunakan bentuk iklan Self-service Advertising pemasang iklan dapat menjelaskan produk melalui blog yang dimiliki, dengan disertai gambar produk atau jasa yang dipromosikan gunanya untuk lebih mempermudah mendapatkan informasi dari produk tersebut.
  • Kekurangan adalah tidak bisa menentukan atau memprediksi pasar, karena dilakukan secara mandiri oleh perusahaan di dalam sebuah blog dan sebagainya.
3. Ad Networks
Adalah Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin.
Kelebihan :
Biaya untuk memasang iklan ini tidak terlalu mahal, karena pemasang iklab tersebut tinggal menempatkan iklan diposisi yang sudah ditentukan oleh pemilik web.

Kekurangan :
Tidak banyak iklan yang dipasang dan tidak terlalu banyak dikunjungi oleh para pengguna internet.
4. Contextual Advertising:
Contextual Advertising adalah Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut.
Kelebihan :
Teknologi ini bisa mendeteksi iklan yang sesuai dengan konten suatu situs atau  suatu blog. Jadi, misalnya tulisan di blog anda berbicara tentang teknologi makan dari Google Dsense yang muncul tersebut tentang seputar teknologi.
Kekurangan :
Kita tidak bisa mencari iklan yang diinginkan, hanya sesuai dengan apa isi dari blog atau web tersebut.
5. Twitter Advertising
Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad.
Kelebihan :
Twitter merupakan jejaring sosial yang banyak digunakan para pengguna internet di setiap negara. Oleh karena itu beriklan di twitter akan sangat menguntungkan bagi para pemasang iklan tersebut.
Kekurangan :
Twitter hanya menyediakan 140 karakte. Oleh karena itu, para pemasang iklan ada keterbatasan kata sesuai dengan karakter yang ditentukan.
6. In-Text Advertising
Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad.

  • Kelebihan:
Link situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna jika menggunakan kunci kata yang tepat.
  • Kekurangan:
Pangsa pasar tidak bisa diprediksi oleh perusahaan pemasang iklan.
 7. Ad Network Optimization
Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild.

Kelebihan :
Para pemasang iklan tidak perlu susah untuk memikirkan dimana tempat iklan tersebut akan dipublikasikan, karena sistemnya secara otomatis mengatur penempatan iklan tersebut.
Kekurangan :
Tidak semua  dapat diiklankan untuk dapat menggunakan bentuk ini, terutama pada perusahaan kecil.
8. Rep Ad Agencies
Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion.
Kelebihan :
Memudahkan promosi iklan dan berbagai macam lainnya, karena pihak agensi tersebut membantu bagaimana strategi-strategi yang digunakan dalam beriklan.
Kekurangan :
Melalui berbagai pihak dan perantara akan memakan biaya yang cukup besar.

9. Social Advertising
Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo
Kelebihan :
Promosi melalui bentuk iklan ini digunakan di media sosial yang banyak digunakan oleh para pengguna internet, sehingga memudahkan dalm segi promosi serta mengeluarkan biaya yang lebih rendah.
Kekurangan :
Para pengiklan harus mempunyai iklan yang dipasang di website atau blog lain agar memudahkan proses promosi

10. Video Advertising

Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video.
Kelebihan :
Isi dari iklan berbentuk audio visual, serta adanya gerakan, sehingga membuat iklan lebih menarik untuk dilihat oleh para pengguna online.
Kekurangan :
Pengguna online cenderung mengabaikan isi iklan karena fokus pada konten video yang dituju

 11. RSS Advertising


Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising.
Kelebihan :
Dapat menyesuaikan penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.
Kekurangan :
Kemungkinan tidak dapat dilihat oleh semua para pengguna internet, karena telah diklasifikasikan terlebih dahulu.
12. Sponsorship: adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar